Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menyatakan bahwa 21 Juni akan diperingati setiap tahun sebagai Hari Yoga Internasional. Resolusi tersebut disponsori bersama oleh 175 dari 193 negara anggota, dan begitu populer sehingga tidak harus melalui pemungutan suara dan diadopsi dengan aklamasi.

Inilah pesan Sadhguru pada peristiwa penting ini.

Yoga adalah eksplorasi mekanika kehidupan. Ia mendahului semua agama dan membuka kemungkinan membangkitkan seorang manusia melampaui batasan yang ditetapkan oleh alam, jika mau berusaha. Membuat ilmu Yoga tersedia dalam bentuk yang paling murni adalah tanggung jawab generasi ini. Ilmu pengembangan batin, kesejahteraan dan pembebasan ini adalah anugerah terbesar bagi generasi mendatang. Selamat kepada Perdana Menteri yang telah memulai proses deklarasi Hari Yoga Internasional 21 Juni.

Hari Yoga Internasional adalah Krusial

Kata “yoga” secara harfiah berarti penyatuan. Yoga bukan berarti memutarbalikkan tubuh, mengikat anggota tubuh menjadi simpul, menahan napas atau melakukan sirkus lainnya. Kata “yoga” artinya, dalam pengalaman seseorang, segala hal telah menjadi satu. Ini adalah sistem untuk meningkatkan kemampuan manusia mempersepsi, untuk mengembangkan individu manusia menyadari sifat hakiki mereka. Yoga adalah eksplorasi paling mendalam dari mekanika kehidupan.

Hari Yoga Internasional datang pada saat yang krusial. Ilmu yoga sangat signifikan sekarang, tidak seperti sebelumnya. Saat ini kita memiliki alat sains dan teknologi yang luar biasa, cukup untuk membuat atau menghancurkan dunia. Sangatlah penting bagi kita untuk memiliki akal batin dan kesadaran hidup, bahwa kita mengalami setiap makhluk lain sebagai bagian dari diri kita sendiri. Jika tidak, pengejaran kita untuk kesejahteraan akan menghancurkan semua.

Jika populasi tertentu di dunia mengalami hal ini, jika persentase tertentu dunia benar-benar menjadi meditatif, pasti kualitas dunia akan berubah. Terutama jika kepemimpinan di dunia mengalami kesatuan atau yoga kehidupan, akan ada perubahan dramatis dalam cara dunia berfungsi. Untuk semua masalah umat manusia, solusinya adalah dengan memperbesar persepsi kehidupan seseorang, dari individualitas menjadi universalitas. Deklarasi Hari Yoga Internasional merupakan langkah signifikan ke arah ini, dan dapat membawa efek riak di seluruh planet.

Mengakui yoga dengan cara ini akan sangat bermanfaat, terutama bagi kaum remaja. Saat ini, banyak kaum remaja melakukan yoga karena biasanya kaum remaja di dunialah yang memiliki hasrat akan kenyataan sejati. Kaum remaja adalah umat manusia yang sedang dalam proses penciptaan. Karena mereka masih dalam proses, mereka dapat membentuk diri mereka sendiri dengan cara apapun yang mereka inginkan. Hanya jika kaum remaja yang diajari untuk menangani diri mereka sendiri dengan sedikit lebih banyak kesadaran, maka mereka adalah potensi besar. Jika tidak, kaum remaja bisa menjadi sangat kompulsif. Jika mereka menjadi sedikit lebih berkesadaran, kita memiliki masa depan yang cerah bagi umat manusia dan juga lingkungan di sekitar kita.

Hari Yoga Internasional & 21 Juni

Ekologi dan kesadaran manusia tidak dapat dipisahkan. Fakta fundamental pertama dari melihat ke dalam adalah selalu melihat bahwa Anda secara alami sungguh merupakan bagian dari segala sesuatu di sekitar Anda. Tapi sekarang masalahnya adalah kita selalu mencoba melihat kehidupan dalam potongan - dan itu tidak akan pernah berhasil. Hanya karena manusia telah menjadi tidak peka, kita harus berbicara saat ini tentang menyelamatkan dunia, yang mana merupakan ide konyol karena kitalah yang dilindungi oleh Ibu Pertiwi, bukan sebaliknya! Semua ini tidak akan diperlukan jika manusia memahami bahwa, suka atau tidak suka, kita bergema sebagai satu bagian dari keberadaan ini.

Yoga adalah sebuah ilmu penting untuk membawa pemahaman dan pengalaman ini. Pengetahuan ini ditransmisi ribuan tahun lalu oleh yogi pertama atau Adiyogi. Pada hari titik balik matahari musim panas, Adiyogi beralih ke selatan dan pertama kalinya mengarahkan pandangannya pada Saptarishis atau Tujuh Orang bijak, yang merupakan murid pertamanya yang membawa ilmu yoga ke berbagai belahan dunia. Sungguh mengagumkan bahwa 21 Juni menandai peristiwa penting dalam sejarah umat manusia ini.

TUpaya untuk membawa proses spiritual ke dunia, dan khususnya kepada individu-individu yang memiliki pengaruh besar di seluruh dunia, telah berlangsung sejak lama. Ashtavakra mencerahkan Janaka sekitar delapan ribu tahun yang lalu. Seluruh misi hidup Krishna adalah untuk mengawinkan proses spiritual dengan proses politik. Krishna tidak hanya bekerja dengan raja-raja, dia juga mendirikan lebih dari seribu ashram di seluruh dataran utara India.

Hari Yoga Internasional: Memandang ke Dalam

Yoga pada dasarnya berarti bahwa dalam mencari kesejahteraan, Anda tidak perlu memandang ke atas. Karena jika Anda memandang ke atas, Anda akan berhalusinasi, Anda akan mulai membayangkan hal-hal yang tidak Anda alami. Dan di atas segalanya, Anda tidak tahu mana yang di atas dan mana yang di bawah. Dalam seratus lima puluh tahun terakhir, sebagian besar umat manusia memandang ke atas, dan sebagian kecil memandang ke luar - mengumpulkan kekayaan dan membangun istana. Tapi sekarang ini, sebagian besar umat manusia memandang ke luar, ketimbang ke atas. Jika kita memandang ke luar untuk kesejahteraan manusia, kita akan menghancurkan dasar dari keberadaan kita, inilah yang sedang kita lakukan. Kita memiliki nama yang berbeda-beda untuk ini - masalah ekologi, pemanasan global, perubahan iklim - tetapi manusia hanya memandang ke luar dalam mengejar kesejahteraan. Hanya itu saja. Satu-satunya solusi hakiki, dan satu-satunya cara agar manusia dapat benar-benar mengetahui kesejahteraan, adalah dengan beralih ke dalam. Inilah arti yoga. Bukan ke atas, bukan ke luar, tapi ke dalam. Satu-satunya jalan keluar adalah ke dalam.

Untuk beberapa waktu, kami telah bekerja dengan para pemimpin politik, ekonomi dan akademis karena mereka memiliki pengaruh tertentu terhadap kesejahteraan dan kehidupan orang lain. Sekitar sebelas tahun yang lalu, dalam Program Wholeness kami, seseorang berkata, “Sadhguru, semua ini bagus tapi bagaimana dengan negara? Bagaimana dengan bangsa?" Jadi saya berkata, “Kita memiliki daftar dua ribu orang yang dapat membuat perubahan bagi negara ini. Anda dapatkan saya dua ribu orang ini, Anda akan melihat bahwa perubahan yang mengagumkan akan terjadi." Selama tahun-tahun ini, saya pikir kami telah menyentuh sekitar empat puluh persen dari dua ribu orang ini. Mereka melakukan perubahan diam-diam.

Dan sekarang, situasi telah tiba di mana para pemimpin bangsa berbicara tentang yoga. Bukan hanya di India, tapi di badan internasional tertinggi - Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dua menit dari pidato Perdana Menteri kami di PBB adalah tentang yoga. Tujuh menit interaksinya dengan Presiden Amerika Serikat adalah tentang yoga. Ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Seratus tujuh puluh lima dari seratus sembilan puluh tiga negara mendukung resolusi yang akan mengesahkan Hari Yoga Internasional pada 21 Juni.

Hari Yoga Internasional: Membuat Dampak

Kita pasti ingin melakukan sesuatu untuk Hari Yoga Internasional yang akan berdampak besar pada planet ini. Kita ingin mempersembahkan yoga sederhana kepada dunia yang dapat dilakukan oleh setiap manusia. Sesuatu yang membuat orang-orang segera selaras dan membawa keharmonisan tertentu dalam sistem. Dari sana, kita dapat mempersembahkan bentuk yoga yang lebih dan semakin kompleks. Kami melihat sekitar seratus lokasi di mana program yoga skala besar akan diadakan dari pagi hingga sore hari. Anda dapat menjadi relawan di lokasi ini atau Anda dapat melakukan sendiri di tempat lain. Dan jika Anda melakukan sendiri, kami akan membekali Anda dengan video sederhana. Anda setidaknya dapat memastikan sepuluh orang yang berbeda mempelajari beberapa bentuk yoga sederhana pada hari itu - setelah satu, lima atau tujuh menit yoga, proses transformasi halus akan dimulai.

Hari Yoga Internasional berarti seluruh dunia harus melakukan beberapa jenis yoga. Mari kita wujudkan!